Beranda Pemilihan Terlalu Lama Bergantung Ekspor Barang Mentah, Jokowi: Hilirisasi Jadi Kunci

Terlalu Lama Bergantung Ekspor Barang Mentah, Jokowi: Hilirisasi Jadi Kunci

15
0


COBLOS.net – Capres 01 Joko Widodo mengatakan kunci dari menaikkan kelas para petani dan nelayan adalah melakukan hilirisasi. Hal itu dikatakan Jokowi ketika mendapatkan pertanyaan mengenai data beli petani dan nelayan yang rendah ketika harga komoditi pertanian dan perikanan anjlok.

“Strategi ke depan adalah hilirisasi dan industrialisasi, perlu pengolahan, pengalengan sehingga bisa diekspor dalam bentuk olahan,” kata Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4).

Jokowi lantas mengakui bahwa Indonesia sudah terlalu lama bergantung pada ekspor bahan-bahan mentah. Kondisi ini membuat petani dan nelayan menjadi semakin terpuruk tatkala harga komoditi global tengah merosot.

Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno dalam debat pilpres terakhir di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu (13/4). (Dok. Dery Ridwansah)

“Kita sudah terlalu lama bergantung dan ekspor dalam bentuk mentahan baik karet, kelapa sawit, perikanan maupun pertanian,” ujarnya.

Maka dari itu, lanjut dia, perlu adanya industrialisasi sehingga Indonesia bisa mengekspor dalam bentuk jadi atau minimal setengah jadi. “Ke depannya kita harus berani melakukan hilirisasi guna mencegah ekspor dalam bentuk mentahan, tapi dalam bentuk barang jadi atau ditekan minimal jadi barang setengah jadi,” tuturnya.

Namun, karena keterbatasan waktu, Jokowi tak tuntas menjawab pertanyaan moderator soal bagaimana mendorong milenial bisa tertarik di bidang pertanian hingga perikanan. Jokowi mengatakan sejatinya hal itu tak mustahil, sebab sektor online dan offline bisa saling berkolaborasi.

“Kita tahu anak muda sekarang sudah bangun ekosistem online, kalau disambungkan dengan offline dari sektor pertanian, akan memudahkan petani langsung lewat digital ekonomi,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Uji Sukma Medianti



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here