Beranda Politik Setengah Tahanan KPK Tak Mencoblos, Termasuk Ketum PPP

Setengah Tahanan KPK Tak Mencoblos, Termasuk Ketum PPP

11
0


COBLOS.net – Lebih dari setengah tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diketahui tak menyalurkan hak pilihnya pada Pilpres 2019. Hanya 36 tahanan yang mencoblos hari ini (17/4).

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengatakan total tahanan KPK yang memiliki hak pilih sebanyak 76 oang, yang dicatat petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Mereka menggunakan hak pilih pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) 012 Guntur di Rutan KPK. TPS 012 sendiri merupakan tempat mencoblos yang difasilitasi KPK untuk para tersangka atau terdakwa kasus korupsi.

“Total tahanan yang menggunakan hak pilih, 36 orang dari total 76 yang tercatat,” katanya melalui pesan singkat, Rabu (17/4).

Febri menjelaskan, para tahanan yang menggunakan hak pilihnya di TPS 012 yakni, seluruh tahanan dari Rutan Gedung lama KPK, Kavling C1, Jalan HR Rasuna Said.

Sementara, petugas KKPS bernama Ria Supriana mengatakan TPS 12 Guntur mencatat awalnya ada 65 pemilik hak pilih yang merupakan tahanan KPK. Setelah itu, ada 11 pemilih lain yang juga tahanan KPK masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Selain itu, Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Guntur, Handoko, menuturkan hasil pemungutan suara di Rutan KPK itu akan dibawa ke TPS 12 Guntur.

Penghitungan suara akan dilakukan bersamaan dengan suara pemilih lainnya pada TPS tersebut.

“Ini akan kita bawa semua ke TPS 12 dan akan dihitung di TPS 12, berbarengan dengan DPT TPS 12 dan DPTb yang ada di sini sama TPS 12,” jelasnya.

Berdasarkan pengamatan, mantan Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy tidak ikut mencoblos di TPS 012 yang disediakan KPK. Disinyalir, Romahurmuziy masih dibantarkan di RS Polri, Kramat Jati, karena sakit yang dideritanya.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here