Beranda OlahRaga PM Israel Desak Rumania Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

PM Israel Desak Rumania Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

118
0


PM Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: AFP)

Tel Aviv: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mendesak Rumania dan negara-negara Uni Eropa lainnya untuk memindahkan kedutaan besar mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Hal ini diungkapkan Netanyahu ketika bertemu dengan PM Rumania Viorica Dancila. Tahun ini, Rumania mengambil alih kepresidenan bergilir Uni Eropa selama enam bulan. 

"Saya harap Anda akan bertindak untuk menghentikan resolusi buruk terhadap Israel di Uni Eropa dan tentu saja memindahkan kedubes Anda ke Yerusalem," kata Netanyahu, dikutip dari Times of Israel, Sabtu 19 Januari 2019.

Tahun lalu memang Rumania telah mengadopsi rancangan proposal untuk memindahkan kedubes ke Yerusalem. Rancangan proposal ini dibuat setelah Amerika Serikat memindahkan kedubesnya.

Namun, Presiden Rumania Klaus Iohannis yang kerap tak sejalan dengan pemerintah, menentang langkah parlemen tersebut. Ia juga menyerukan agar Dancila mengundurkan diri.

Dalam kunjungan tahun lalu ke Yerusalem, Dancila mengatakan ingin memindahkan kedubes Rumania namun kurang yakin apakah memiliki dukungan cukup untuk melakukan pemindahan tersebut. 

Saat ini, Guatemala, Paraguay, dan Brasil menjadi negara-negara yang mengikuti AS untuk memindahkan kedubesnya ke Yerusalem.

Australia pun sempat mengumumkan akan memindahkan, namun karena banyak kecaman termasuk dari Indonesia, Negeri Kanguru tersebut tidak akan memindahkan kedubes hingga ada penyelesaian perdamaian Israel dan Palestina. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here