Beranda Politik OTT di Dekat Posko M Taufik, Petugas Sita 80 Amplop Berisi Rp...

OTT di Dekat Posko M Taufik, Petugas Sita 80 Amplop Berisi Rp 500 Ribu

11
0


COBLOS.net – Sentra Gakkumdu Jakarta Utara mengamankan sebanyak 80 lembar amplop berisi uang dari seorang pria di dekat posko pemenangan calon anggota legislatif Gerindra Jakarta M. Taufik, Senin (15/4) malam.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto menjelaskan, masing-masing amplop diamankan dari tangan pelaku. Operasi tangkap tangan (OTT) itu dilakukan usai polisi menerima laporan masyarakat mengenai adanya praktik dugaan politik uang di masa tenang pemilu 2019.

“Kami hitung di lokasi, jumlahnya ada 80 amplop,” ujar Kapolres kepada wartawan di Mapolres Metro Jakarta Utara, Selasa (16/4).

Setelah dicek, puluhan amplop tersebut nominal uang di dalam amplop tersebut berisi uang tunai Rp 500 ribu. Kendati demikian, petugas Gakkumdu belum mengecek semua isi amplop yang baru saja disita.

“Karena baru ditangkap, kami belum buka semua. Isi amplop itu, kami sama-sama menghitung. Saya sendiri hanya melihat dan saya lihat itu adalah lembar uang merah (pecahan Rp 100.00),” terang Budhi.

Terpisah, Komisioner Bawaslu DKI Jakarta Puadi menjelaskan, amplop tersebut masih diselidiki peruntukannya. Dugaan awal, amplop itu akan diberikan untuk upah saksi di TPS saat pemilu berlangsung besok.

“Informasinya, uang itu untuk saksi parpol. Makanya setelah diregistrasi, setelah diplenokan, akan dilakukan penyelidikan dan klarifikasi, apakah uang itu untuk saksi parpol,” jelas Puadi.

Posko Pemenangan Caleg DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra Mohammad Taufik terpantau normal. Padahal sebelumnya seorang pria berinisial CL diamankan di depan posko karena kedapatan membawa amplop berisi uang dalam jumlah banyak.

Ketua Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandi, Muhamad Taufik menilai Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai berantakan.

Pantauan di lokasi, posko di Jalan Warakas III, Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara tampak dipenuhi petugas. Belasan orang terlihat silih berganti datang ke posko pemenangan yang juga merupakan rumah pribadi Taufik.

Koordinator Saksi wilayah Warakas, Jupe mengatakan bahwa kegiatan siang ini adalah pengambilan mandat bagi warga untuk menjadi saksi M. Taufik dan saksi Partai Gerindra dalam Pemilu besok.

“Di sini aman-aman saja. Di sini lagi pengambilan mandat untuk menjadi saksi besok. Di sini untuk saksi Pak Taufik dan partai,” ucap Jupe.

Sementara itu saat disinggung mengenai adanya penangkapan yang dilakukan oleh Bawaslu Jakarta Utara terkait dugaan politik uang pada Senin (15/4) kemarin, Jupe membenarkan meski tidak mengetahui secara pasti.

“Iya benar. Tapi saya nggak tahu kronologisnya gimana, Saya nggak tahu (lokasinya), no comment. Kalau masalah saksi oke,” ucapnya.

Jupe justru menyarankan agar awak media yang sudah datang ke lokasi menanyakan langsung kepada Taufik perihal penangkapan tersebut. “Silakan tanyakan langsung ke Pak Taufik,” sambung Jupe.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here