Beranda OlahRaga News Pemilu | Relawan Jaga Jokowi dari Hoaks dan Fitnah

News Pemilu | Relawan Jaga Jokowi dari Hoaks dan Fitnah

86
0



Jakarta: Sejumlah elemen masyarakat di Sumatera Barat membentuk Relawan Luak Limopuluah Jokowi (ReallJokowi). Pembentukan kelompok ini untuk menjaga serangan hoaks serta fitnah terhadap Jokowi jelang Pilpres.

“Kita ingin sampaikan, data nyata, fakta-fakta tentang Pak Jokowi. Dosa besar jika kita membiarkan fitnah bertaburan, ini tak boleh. Harus dicegah, kami akan bergerak door to door,” kata Ketua ReallJokowi, Bambang Safari, dalam keterangannya, Sabtu, 19 Januari 2019.

Relawan terdiri dari gabungan elemen masyarakat, baik bundo kanduang di beberapa nagari, dan sejumlah niniak mamak. Pendakwah, pegiat media sosial hingga mahasiswa asal Payakumbuh-Limapuluh Kota juga ikut dalam barisan ini.

ReallJokowi akan bermarkas di Kota Payakumbuh, sebagai tempat berdiskusi. Kelompok ini juga berencana mengundang para calon presiden (capres) untuk mengaji di Sumatera Barat.

“Biar hoaks tidak menjamur, biar Jokowi tidak dikatakan PKI lagi, atau anti islam dan segala bentuk fitnah keji lainnya, maunya Pak Jokowi capres 01 dan Pak Prabowo capres 02, mengaji di Sumbar,” kata Bambang.

(Baca: JK: Milenial Lebih Banyak Pilih Jokowi-Ma’ruf)

Tahap awal, ReallJokowi akan melakukan sejumlah gerakan di Limapuluh Kota dan Payakumbuh. Bukan hanya sekedar di media sosial saja, kelompok ini akan membuat aksi nyata sebagai bentuk perlawanan terhadap hoaks dan fitnah yang selama ini menyerang Jokowi.

Pembina dan Penasehat ReallJokowi Muhammad Bayu Vesky menjelaskan, pembentukan kelompok ini berawal dari  komunikasi di media sosial, kopi darat, dan puncaknya saat peringatan Peristiwa Situjuah yang dihadiri Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar.

“Ini bukan soal kekuasaan, tapi lebih kepada politik beradab, beretika. Demokrasi itu perlu dibangun dengan sehat. Dengan riang gembira. Kalau pak Jokowi terus terusan dizhalimi, difitnah, masak kami diam. Tidaklah,” kata dia.

(JMS)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here