Beranda Pemilihan KPU Tak Permasalahkan Pencoblosan di Jepang Gunakan Kotak Suara Berbeda

KPU Tak Permasalahkan Pencoblosan di Jepang Gunakan Kotak Suara Berbeda

11
0


COBLOS.net – Kotak suara pada pencoblosan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri ber‎beda dari dalam negeri seperti yang digunakan KPU dengan bahan karton. Pasalnya di Jepang kotak suaranya berbahan mika dan transparan.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner KPU, Ilham Saputra tidak mempermasalahkan bedanya kotak suara tersebut. Asal kotak suaranya transparan. Saat kertas suara juga harus dimasukkan terlihat dari luar.

‎”Oh enggak apa-apa, di luar negeri itu enggak apa-apa selama memenuhi unsur ada transparan. Itu kan enggak mungkin disamain kayak kita (kotak surat suara di Indonesia). Nanti bahannya enggak ada di setiap negara. Jadi yang penting adalah transparan,” ujar Ilham Saputra di Kantor KPU, Jakarta, Senin (15/4).

Bahkan menurut Ilham pemungutan suara di luar negeri mayoritas menggunakan kotak suara berbahan mika dan transparan. Sehingga memang tidak ada yang salah.

Iham mengatakan alasan kotak suara luar negeri tidak sama dengan milik KPU. Karena distribusi surat suara terlalu jauh apabila dikirimkan ke luar negeri.

“Jauh kan mesti dikirim ke Amerika Latin, enggak,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ilham mengatakan, kotak suara berbahan mika dan transparan itu bukan disediakan oleh KPU. Melainkan milik Panitia Pemolihan Luar Negeri (PPLN).

‎”Dari PPLN, daerah yang mengadakan,” pungkasnya.

Sekadar informasi, kota suara untuk Pemilu 2019 dan spesifikasinya juga diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 15 tahun 2018 tentang Norma, Standar, Prosedur Kebutuhan Pengadaan dan Pendistribusian Perlengkapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum. Berikut isinya:

Pada pasal 7 ayat (1) disebutkan, kotak suara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) terbuat dari bahan karton kedap air yang pada satu sisinya bersifat transparan.‎

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here