Beranda Politik KPU Masih Gagal Ungkap Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Begini Alasannya

KPU Masih Gagal Ungkap Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Begini Alasannya

14
0


COBLOS.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga saat ini belum mampu membongkar kasus tercoblosnya surat suara di Selangor Malaysia. Alasannya belum dapat mengakses lokasi yang ada dalam video tersebut.

Komisoner KPU, Viryan Aziz mengatakan mengenai beredarnya video yang mengambarkan peristiwa pencoblosan surat suara di Malaysia, pihaknya belum dapat mengakses lokasi yang ada dalam video tersebut. Sehingga KPU belum dapat memeriksa kertas yang dianggap sebagai surat suara ‎tersebut.

“Dengan demikian KPU belum dapat mengambil penilaian atau kesimpulan tentang status surat suara itu. Apakah itu produksi KPU atau bukan,” ujar Viryan dalam konffensi pers di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (17/4) dini hari.

Wahyu mengatakan,  Kuala Lumpir, dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kuala Lumpur. Itu diakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Agar permasalah tersebut dapat diselesaikan dengan cepat dan transparan. KPU juga berkerja sama dengan dengan semua pihak, sehingga kasus tersebut bisa cepat diselesaikan,” pungkasnya.

Diketahui, Sebelumnya, viral video di jejaring WhatsApp yang merekam penggerebekan sekelompok orang ke lokasi yang diduga tempat penyeludupan surat suara di kawasan Bangi, Selangor, Malaysia.

Dalam video itu, orang yang melakukan penggerebekan tampak kesal dengan temuan suara di lokasi. Sebab, surat suara di lokasi penggerebekan telah tercoblos untuk pasangan capres dan cawapres Jokowi- Ma’ruf Amin, dan surat suara pileg untuk dua caleg Partai Nasdem dari Dapil Jakarta II yang meliputi Jakarta Pusat, Jakartay Selatan, dan luar negeri dengan caleg nomor urut 3 atas nama Achmad, dan Davin Kirana nomor urut 2 yang merupakan anak dari Duber Malaysia Rusdi Kirana.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here