Beranda Politik Hasil Hitung Cepat, Mahfud MD: Masyarakat Jangan Terkecoh

Hasil Hitung Cepat, Mahfud MD: Masyarakat Jangan Terkecoh

9
0


COBLOS.net – Hasil Pemilu 2019 ini memang sudah bisa dilihat melalui perhitungan cepat memakai komputer mulai pukul 17.00 WIB, Rabu (17/4). Namun masyarakat diharapkan tak terkecoh karena hasil pemungutan suara harus tetap secara manual penghitungannya.

“Mudah-mudahan nanti sore jam 5 kita sudah tahu hasilnya. Meski hasil resmi secara manual diumumkan 1 bulan kemudian. Jadi masyarakat, jangan terkecoh, yang dikirim nanti sore hasil perhitungan belum resmi,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, usai memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 105, Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ).

Kendati demikian, penghitungan pemungutan suara melalui komputer itu dirasa cukup akurat. Bahkan bisa sampai 99 persen.

“Akurasinya di atas 99 persen. Naik turunnya masih di dalam margin itu sebulan. Tidak akan diputuskan melalui komputerisasi, tetapi lewat saksi dan tanda tangan basah. Kalau ada kecurangan bisa dimonitor, dibuktikan dan ada pengadilannya,” katanya.

Ilustrasi TPS. (Dok COBLOS.net)

Mahfud juga menyebut Pemilu saat ini dirasa berjalan cukup baik. Panitia juga dibekali dengan biaya yang cukup memadai serta ada konsumsi ringan untuk mereka.

“Yang berbeda dengan Pemilu sebelumnya, agak repot penghitungan bisa sampai pagi. Karena surat suara banyak, terus (dalam memilih) banyak calon yang belum dikenal harus berpikir dan mencari satu per satu membayangkan rekam jejak,” katanya.

Dalam persiapan memberikan hak suaranya ini, Mahfud juga sempat mengumpulkan keluarganya. Ia briefing dahulu kepada 5 anaknya yang bertanya akan memilih siapa di bilik suara. “Tapi saya bilang saya tidak mau tahu ini pemilu, ini demokrasi silakan pilih sendiri-sendiri,” katanya.

Selepas memberikan hak suaranya, Mahfud berencana ingin menghabiskan waktu dengan jalan-jalan. “Setelah ini saya mau jalan-jalan saja melihat kelengangan kota. Mau lihat warung-warung ada yang buka atau tidak,” cetusnya.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here