Beranda Politik Hadapi Kaya FC Saat Pemilu, 15 Pemain PSM Batal Gunakan Hak Pilih

Hadapi Kaya FC Saat Pemilu, 15 Pemain PSM Batal Gunakan Hak Pilih

10
0


COBLOS.net – Sebanyak 15 pemain PSM Makassar dipastikan batal menggunakan hak pilih pada hari pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu), Rabu (17/4). Hal itu dikarenakan pada saat yang bersamaan, mereka harus melaksanakan tanggung jawab lain. Tepat pada hari pelaksanaan Pemilu di Indonesia, PSM menghadapi tuan rumah Kaya FC Iloilo pada lanjutan Grup H AFC Cup 2019.

Skuad Juku Eja – julukan PSM, berlaga menghadapi Kaya FC Iloilo di Stadion Panaad, Filipia. Dari 18 pemain yang diboyong ke Filipina, 15 di antaranya merupakan pemain WNI.

Hanya saja, mereka dipastikan tidak dapat menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2019. Media Officer PSM, Sulaiman Karim mengatakan, selain waktu pertandingan bertepatan dengan pemungutan suara di dalam negeri, pemain juga tidak sempat ikut mencoblos di Filipina.

“Tidak jadi (mencoblos), waktunya mepet. Karena tim setelah tiba di Manila langsung menuju Bacolod City,” ujar Sulaiman melalui pesan tertulisnya, Selasa (16/4).

Sulaiman mengungkapkan, para pemain, pelatih, dan jajaran staf klub tiba di Manila, Filipina, pada Minggu (14/4) kemarin. Pada saat bersamaan digelar pemungutan suara bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Filipina di Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Indonesia di Manila, Filipina.

Namun, sebanyak 15 pemain tidak sempat menyalurkan hak pilih karena harus mengejar jadwal penerbangan ke markas Kaya FC di Bacolod City. Sebelum bertolak dari Makassar, manajemen klub PSM sebenarnya telah mempersiapkan administrasi bagi pemain agar bisa ikut Pemilu. Dalam hal ini klub berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pemain dan jajaran staf klub PSM pada dasarnya dapat ikut serta pada Pemilu di KBRI Manila, berbekal surat pindah memilih atau formulir A5 dari KPU. Namun formulir itu batal digunakan karena mepetnya waktu. “Segala hal dan sesuatunya sudah diurus. Hanya, persoalan waktu yang mepet,” jelas Sulaiman.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sahrul Ramadan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here