Beranda Pemilihan Bawaslu Rekomendasikan KPU Lakukan Pemungutan Suara Lanjutan di Sydney

Bawaslu Rekomendasikan KPU Lakukan Pemungutan Suara Lanjutan di Sydney

10
0


COBLOS.net – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merekomendasikan pemungutan suara lanjutan di Sydney, Australia. Hal ini dilakukan untuk memenuhi hak pilih warga negara Indonesia (WNI) dan menjaga integritas proses penyelenggaraan Pemilu 2019.

Anggota Bawaslu, ‎Fritz Edward Siregar mengatakan, ‎dilakukannya pemungutan suara lanjutan karena banyak warga negara Indonesia (WNI) yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya. Itu dikarenakan TPS tutup pada pukul 18.00 waktu setempat.

“Jadi Bawaslu merekomendasikan KPU untuk melakukan pemungutan susulan di TPS,” ujar Fritz di Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (16/4).

Fritz mengatakan, pemungutan suara lanjutan ini hanya untuk WNI yang sudah mengantre saat pencoblosan beberapa waktu lalu. ‎Sehingga bukan untuk WNI yang baru mendaftar.

“Kami memerintahkan untuk melakukan pemungutan suara lanjutan bagi pemilih di Sidney yang telah terdaftar dalam DPT, DPTb, ataupun terdaftar dalam DPK yang telah berada dalam antrean tetapi belum menggunakan hak pilih di TPS, sesuai mekanisme yang diatur dalam peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Adapun setelah pencoblosan Pemilu di Sidney pada Sabtu, 13 April 2019 berlangsung, beredar sebuah petisi di jejaring sosial yang meminta agar dilakukan “Pemilu Ulang Pilpres di Sydney Australia”.

Hal tersebut karena ratusan WNI yang mempunyai hak pilih tidak diizinkan melakukan memberikan suaranya, padahal sejak siang sudah mengantre panjang di depan TPS Townhall, Sydney, Australia.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here